Manfaat Tanaman Anting-anting Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Tanaman Anting-anting Sebagai Obat Tradisional
Kalau disebutkan namanya  saya yakin tidak semua dari anda tahu akan tumbuhan ini.Padahal tumbuhan ini tumbuh disekitar kita loh!Tumbuhan ini bisa kita temukan di pinggir-pinggir jalan,lapangan rumput,di lereng lereng bukit,bahkan di pekarangan rumah kita.Tanaman  ini biasa digunakan oleh leluhur kita untuk mengobati berbagai macam penyakit.Namun kebanyakan dari kita tidak tahu,jangankan khasiatnya,rupa dan bentuknya saja kita tidak tahu.Anting anting (achalypha Australis) merupakan tanaman herbal semusim/berumur pendek,pohonya tegak dan berambut.Tingginya sekitar 30-50 cm,bercabang dengan garis  memanjang.

http://rajaramuan.blogspot.com/2014/06/manfaat-tanaman-anting-anting-sebagai-obat.html Selesai
Tumbuhan dari Famili Euphorbiceae ini memiliki daun bulat dan lonjong memiliki bentuk lanset dan letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip serta pada tepi daun anting-anting ini bergerigi. Panjangnya dari daun anting-anting ini 2,5 hingga 8 cm dan memiliki lebar 1,5 hingga 3,5 cm. Bunga dari tanaman anting-anting ini berkelamin tunggal serta berumah satu yang akan keluar dari ketiak daun. Bentuknya kecil yang terkumpul dalam suatu rangkaian yang memiliki bentuk malai.Buahnya kecil,dan biasanya akar tanaman ini disukai oleh anjing dan kucing.
Seluruh bagian tanaman biasa dan bisa  dimanfaatkan sebagai obat,pemakaian bisa tanaman segarnya atau dikeringkan terlebih dahulu.Penyakit yang biasa  diobati dengan menggunakan tanaman anting anting ini diantaranya adalah penyakit disentri basiler atau disentri amoeba,diare,anak dengan berat badan rendah (malnutrition),mimisan muntah darah,berak darah,gangguan pencernaan,malaria, dll.

Tanaman anting anting memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis sebagai berikut:
Rasa yang pahit,bersifat astrigen,sejuk,anti radang,antibiotik,peluruh airseni,menghentikan pendarahan (hemostatik).

Contoh penggunaan tanaman anting anting sebagai obat tradisional

Penyakit dermatitis,Eczema,koreng
mengatasinya dengan cara herba kering atau segar secukupnya direbus,air rebusannya untuk mencuci bagian tubuh yang sakit.
Penggunaan untuk pendarahan dan luka luar pengguaanya sangat mudah.herba segarditambah gula pasir dilumatkan,kemudian ditempel pada bagian tubuh yang luka.
Penyakit Disentri amoeba,diare,muntah darah,berak darah,mimisan,batuk
Siapkan 30-60gr herba kering direbus.satu kali rebusan dibagi untuk dua kali minum yaitu pagi dan sore.lakukan selama 5-10 hari/sampai sembuh.


Nah itulah sedikit penjelasan mengenai  Tanaman Anting-anting dan Manfaat Tanaman Anting-anting Sebagai Obat Tradisional.Semoga bermanfaat.