Kandungan Manfaat Serta Khasiat Kunyit Bagi kesehatan

Kandungan Manfaat Serta Khasiat Kunyit Bagi kesehatan - Kunyit atau Kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) Yang sehari hari kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur merupakan tanaman rempah dan obat asli Asia khususnya Asia Tenggara.Bagi orang Indonesia hampir setiap orang pernah mengkonsumsi kunyit baik dari yang digunakan sebagai bumbu masakan ataupun jamu untuk menjaga kesehatan.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/10/kandungan-manfaat-serta-khasiat-kunyit.html

Dalam klsifkasi ilmiahnya Kunyit termasuk dalam Famili Zingiberaceae (jahe- jahean). Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, kunir (Jawa),koneng (Sunda),konyet (Madura),turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda).

Kunyit banyak sekali manfaatnya bukan hanya sebagai bumbu masakan tetapi juga sebagai obat berbagai macam penyakit.Kunyit biasa digunakan diantaranya sebagai obat anti gatal, anti kejang dan mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga bisa menyembuhkan hidung yang tersumbat.

Kandungan Kunyit / Kunir
Manfaat kunyit sebagai obat tidak terlepas dari kandungan senyawa atau zat yang terdapat didalamnya. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium).
Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).

Manfaat dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Berikut Khasiat dan manfaat kunyit dan cara pemanfaatannya!

Obat diabetes militus (kencing manis)
Khasiat kunyit yang didapat dari kandungan kurkumin di dalamnya dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa darah dapat dikendalikan sehingga resiko untuk terserang diabetes tipe 2 pun akan berkurang.Untuk membuat ramuan tradisional kunyit yang difungsikan sebagai obat kencing manis cukup mudah. Caranya siapkan tiga rimpang kunyit+ setengah sendok garam . rebus bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah rebusan setengah gelas 2 kali seminggu.

Manfaat Kunyit Untuk Melancarkan Haid
Khasiat kunyit yang selanjutnya sebagai pelancar haid. Bagi wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit ketika haid agar haid lancar. Cara mengolah kunir untuk memperlancar haid yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok the ketumbar, setengah sendok the biji pala, setengah genggam daun sri gading. Semua bahan yang telah disiapkan ditumbuk sampai halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Saring kemudian siap diminum. Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin. Diminum 1 gelas sehari.

Kunyit untuk Mengatasi Gatal dan Penyakit Kulit
Khasiat kunyit dapat digunakan sebagai obat tradisional mengatasi gatal dan penyakit kulit.
Caranya : Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

Mengatasi Penyakit Ginjal
Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah :

  • Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  • Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  • Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  • Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  • Saring dan Peras
  • Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
  • Tambahkan gula atau madu
  • Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)

Ramuan diatas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.

Memperlancar ASI
Wanita yang beru melahirkan terkadang produksi ASi-nya tidak lancar,tapi tidak usah khawatir kunyit dapat dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit dilumatkan sampai halus, kemudian dibalutkan disekitar payudara. Diulangi sebanyak 2 kali sehari sampai air susunya lancar.

Mencegah dan Mengobati Panas Dalam
Manfaat kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah panas dalam.
Caranya : Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat.

Mengobati Tifus
Kunyit dapat digunakan untuk mengobati tifus. untuk membuat obat tifus dari kunyit inilah yang harus anda lakukan.
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.
Caranya : Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus dan dipipih, kemudian tambahkan 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring, kemudian minumlah ramuan tersebut, lakukan rutin selama seminggu

Mencegah dan Mengatasi Keputihan
Khasiat kunyit sangat ampuh untuk mencegah keputihan.
Caranya : Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas.
Dari berbagai sumber

Banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa diperoleh dari tanaman rempah kunyit ini.Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Kandungan Manfaat Serta Khasiat Kunyit Bagi kesehatan"

Posting Komentar