Faktor Penyebab Kantung Mata ( Mata Panda) dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Kantung Mata ( Mata Panda) dan Cara Mengatasinya
Kantung mata atau mata panda (puffy eyes) menjadi salah satu masalah yang bisa merusak penampilan dan rasa percaya diri.Kantung mata merupakan lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam karena bengkaknya pada mata yang diakibatkan karena beberapa faktor penyebab. Kulit di area mata memiliki lapisan yang amat tipis dibandingkan area lain pada wajah dan strukturnya yang lebih kompleks. Hal itulah yang menyebabkan kulit di area mata lebih mudah membengkak.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/faktor-penyebab-kantung-mata-mata-panda.html

Kantung mata atau mata panda ini biasanya hanya lingkaran hitam pada area sekitar mata,namun apabila tidak segera dicegah atau diatasi agar tidak menimbulkanefek bengkak atau sembab yang menyebabkan kantung mata semakin membesar dan bergelayut.

Kantung mata atau mata panda ini bisa terjadi karen beberapa faktor penyebab.Penyebab yang umum biasanya terjadi karena kurang tidur, bertambah usia, mata yang lelah karena aktifitas berat, stress atau faktor keturunan. Jika sudah menjaga pola tidur dengan benar namun kantung dan mata panda masih sulit untuk dihilangkan, dan berkepanjangan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya dan cara mengatasinya.

Berikut ini penjelasan secara rinci mengenai Faktor penyebab terjadinya kantung mata yang saya kutip dari https://www.facebook.com/notes/qa-beauty-skin-care/penyebab-kantung-mata-dan-lingkaran-hitam/181890565341756, disimak ya!!!!

Faktor Penyebab kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda)


  • Keturunan – Faktor warisan dari orang tuanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengilangkan mata panda dan kantong mata.  Tapi anda juga harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menyingkirkan mereka.
  • Pertambahan usia – Pada umumnya,  pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya mata panda dan kantong mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
  • Alergi – Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
  • Kurang tidur – Kurang tidur merupakan penyebab yang paling utaama. Jika Anda sudah berada di bawah banyak stres, atau Anda menderita insomnia atau apnea tidur, kulit Anda akan mencerminkan kurangnya Anda tidur terutama mata.
  • Menangis – Teralu sering dan lama menangis akan menyebabkan cairan terperangkap di bagian bawah mata.
  • Hidung tersumbat – hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
  • Penyimpangan pigmentasi – Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ketika ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.
  • Dehidrasi - Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda mulai muncul di bawah mata Anda.
  • Paparan sinar matahari – Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet  dapat meningkatkan produksi melanin.
  • Gaya Hidup – Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
  • Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi, kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalah artikan sebagai lingkaran hitam. Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau (misalnya bayam), daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.
Cara mengatasinya 

Salah satu tips untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit.

Cara yang selanjutnya hindari kebiasaan kebiasaan buruh yang dapat memicu terjadinya kantung mata tersebut. Ini merupakan pencegahan yang terbaik.Ingat!mencegah lebih baik daripada mengobati loh.

Pola hidup yang tidak sehat juga termasuk pemicu mata panda,maka selalu terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan anda.

Semoga bermanfaat!!!!