Manfaat dan Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan - Bunga melati (Jasmin flower) merupakan tanaman perdu berbunga yang hidup menahun dan terkenal dengan kecantikan bunga serta keharumanya. Sejak dulu banyak orang memanfaatkan bunga melati sebagai tanaman hias,riasan pengantin,campuran untuk pembuaan farfum dan teh,juga salah satu bunga yang digunakan untuk ritual ritual adat yang berbau agamis bahkan sampai yang berbau mistis.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-dan-khasiat-bunga-melati-untuk-kesehatan.html

Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Namun hanya hanya sedikit dari kita  yang mengetahui manfaat bunga melati untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Padahal, nenek moyang kita sudah menggunakan khasiat dari bunga melati ini untuk obat tradisional. Diantaranya menghentikan keluarnya ASI berlebihan, obat sakit mata, sakit kepala, demam dan sesak nafas.

Perlu diketahui hingga saat ini ahli botani telah mengidentifikasi bahwa ada sekitar 200 spesies bunga melati dengan berbagai macam corak dan warna.So kalau yang kita tahu warna bunga melati hanya putih ternyata salah. Salah satu spesies Jasminum simplicifolium (melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

Mengenai banyaknya spesies dan warna bunga melati tersebut tidak akan dibahas lebih lanjut. Karena yang akan kita bahas secara mendalam pada kesempatan ini adalah manfaat bunga melati untuk kesehatan dan obat tradisional.

Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya.  Bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak eteris dan senyawa kimia penting, seperti indole, linalkohol, asetat benzilik, alkohol benzilik, dan jasmon yang bila dimanfaatkan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya.


Berikut Manfaat Bunga melati yang di kutip dari Vemale.com

1. Minyak melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual, dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.

2. Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.

3. Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.

4. Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.

5. Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.

6. Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.

7. Melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.

8. Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.

9. Minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.

10. Melati dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.