Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung - Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita,yang mana jantung merupakan pengendali peredaran darah didalam tubuh. Jika jantung mengalami masalah, tentunya tubuh akan mengalami masalah pula. Bahkan, banyak orang yang meninggal akibat gangguan yang dialaminya pada organ jantung. Biasanya, penyakit jantung kerap menghampiri manusia yang mengabaikan kesehehatan jantungnya.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/tips-menjaga-kesehatan-jantung.html

Organ kecil berukuran sebesar kepalan tangan ini terletak di dalam rongga toraks, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Selain itu, jantung memiliki letak yang sangat strategis, untuk itu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Meskipun berukuran kecil, tetapi jantung memiliki fungsi dan peran yang sangat vital. Untuk itu, Anda harus merawat dan menjaga kesehatannya. Banyak orang yang memiliki masalah dengan jantung baik mereka yang memiliki riwayat sakit jantung sejak lahir ataupun yang baru saja divonis sakit jantung.

Bagi Anda yang memiliki jantung yang sempurna, yakni jantung yang berada dalam kondisi baik, maka berbahagialah.Dan ada baiknya dari sekarang anda harus menjaganya demi kelangsungan hidup yang lebih baik dan demi keluarga yang menyayangi serta menginginkan Anda hidup lama sampai tua dan bahagia

Jika anda menginginkan jantung anda tetap sehat,hal yang harus anda lakukan adalah menjaga kesehatan jantung anda.Berikut ini saya berikan tips cara menjaga kesehatan jantung yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rajin berolahraga yang teratur dan tidak berlebihan. Selain membuat badan menjadi bugar, olahraga ternyata bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga yang ringan seperti lari kecil, jalan – jalan, bersepeda, jalan cepat dan lain – lain. Lakukan aktivitas olahraga ini setiap hari. Jika sudah rutin menjalankannya, tak hanya jantung yang akan sehat, organ inti seperti paru – paru juga akan menjadi semakin sehat.

Tips menjaga kesehatan jantung yang selanjutnya adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi adalah aktivitas menenangkan diri. Bila melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.
Cara melakukan relaksasi yaitu berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Selain itu, Anda juga dapat melakukan  meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menghindari dan berhenti merokok. Rokok memang menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan. kandungan zat – zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak organ – organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru – paru. Meski efeknya tidak secara langsung, namun rokok memang sudah terbukti menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Daripada uang anda gunakan untuk membeli rokok yang kemudian akan memberi dampak buruk bagi tubuh, sebaiknya anda gunakan untuk membeli buah – buahan saja. buah seperti buah delima, jeruk dan apel merupakan buah yang kaya antioksidan. Kandungan itulah yang mampu menjaga kesehatan jantung manusia.

Menghindari rokok bukan berarti hanya mengurangi rokok. Studi membuktikan bahwa mengurangi merokok tidak mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan jantung seseorang harus benar-benar berhenti merokok

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan jantung dapat anda tempuh dengan menjaga agar berat badan tetap ideal. Kelebihan berat badan memang akan menimbulkan banyak penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh obesitas adalah penyakit jantung. Tumpukan lemak yang berlebihan di seluruh tubuh membuat jantung tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini kemudian akan terjadi terus menerus hingga orang tersebut menyadari bahwa ia memiliki penyakit jantung yang sudah mulai memasuki tahap bahaya.

Cara menjaga kesehatan jantung yang selanjutnya adalah dengan sering berjalan kaki. Jalan kaki adalah aktivitas sederhana dan tidak banyak mengeluarkan biaya, cukup mengandalkan kaki yang sehat. Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

Tips menjaga kesehatanjantung yang selanjutnya adalah memperbanyak minum air putih.Memperbanyak minum air putih lebih dari lima gelas sehari akan dapat membantu memperlancar kinerja jantung.
Sebuah hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas perhari berkurang sampai 41 persen. Sementara pada pria risiko yang mengonsumsi minuman lain termasuk minum teh, kopi, jus,susu dan alkohol tetap berisiko tinggi terkena serangan jantung.
Air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah. Hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, jadi risiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun akan berkurang.

Cara untuk menjaga kesehatan jantung lainya adalah dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak jahat yang banyak dikandung oleh makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang menjadi meningkat. Tentu kedua hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Karena itulah, hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti bebek goreng, gorengan dan makanan – makanan lain yang mengandung banyak minyak.

Menjaga kesehatan jantung dengan Tidur malam yang berkualitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang.

Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.

Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu atau buatlah minuman dari madu yang diseduh dengan air panas.

Tips yang paling simpel dan paling mudah dilakukan untuk menjaga jantung sehat adalah banyak senyum.dan tertawa. Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah, dan mengurangi penyakit jantung.

Itulah beberapa tips mudah untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa saya sampaikan.Semoga bermanfaat!!

Sayangi Jantung anda!!!