Tips Aman Menggunakan Obat

Tips Aman Menggunakan Obat - Obat bisa menyembuhkan tetapi bisa pula menjadi racun bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan tidak dapat digunakan secara sembarangan dan hanya boleh diberikan oleh pihak-pihak yang memang kompeten di bidangnya.
http://rajaramuan.blogspot.com/2015/10/tips-aman-menggunakan-obat.html

Meski ada beberapa jenis obat yang dapat Anda konsumsi tanpa resep dokter, tidak berarti bahwa Anda dapat menggunakannya secara bebas. Perlu diketahui, setiap jenis obat memiliki efek samping yang berbahaya jika dalam penggunaannya tidak sesuai dengan dosis dan aturan yang berlaku.

Untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penggunaan obat yang mungkin berakibat fatal bagi kesehatan Anda, berikut ini adalah tips aman menggunakan obat, seperti dikutip situs Caring.com
  • Buat persiapan
Buatlah daftar resep obat, dan suplemen seperti vitamin, mineral, atau herbal yang Anda dan keluarga butuhkan. Simpan salinan daftar obat tersebut, dan perbaharui secara teratur.
  • Lakukan tinjauan
Setidaknya dalam setahun sekali Anda harus melakukan konsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis untuk mendiskusikan jenis obat yang Anda konsumsi. Hal ini untuk memastikan tidak ada reaksi berbahaya yang timbul saat mengonsumsi obat yang berbeda secara bersamaan, mendapat dosis yang tepat, memastikan obat tersebut sesuai dengan usia dan kondisi Anda.
  • Konsultasi ke apoteker
Saat membeli obat ke apotek, tidak ada salahnya jika Anda menemui apoteker dan membicarakan tentang manfaat serta efek samping dari obat yang akan Anda beli. Terkadang apoteker lebih mudah memberikan penjelasan kepada Anda ketimbang berbicara dengan dokter. Seorang apoteker juga memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan tentang interaksi obat. Jadi jika Anda memiliki kesempatan, tanyakan kepada apoteker untuk meninjau daftar obat yang Anda konsumsi, demi keamanan.
  • Ketika di rumah sakit, proaktif baik sebelum dan setelah operasi.
Sebelum operasi, tanyakan ke dokter apakah ada jenis obat tertentu yang tidak boleh untuk konsumsi. Setelah itu, ketika dokter dan perawat hendak memberikan Anda resep obat, tanyakan kepada mereka (dengan asumsi Anda sadar) untuk menjelaskan tentang kegunaan obat yang mereka berikan dan apa efeknya. Jika Anda belum sadar dalam jangka waktu lama (pasca operasi), minta bantuan kepada orang terdekat Anda untuk melakukan hal tersebut untuk Anda.

Semoga bermanfaat....