Khasiat dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

http://rajaramuan.blogspot.com/2016/04/khasiat-dan-manfaat-lengkuas.html
Raja Ramuan - Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman rempah dari suku temu- temuan(zingiberaceae). Bagi kaum ibu tanaman atau rempah ini mungkin tidak asing lagi,karena rempah ini biasa digunakan oleh para ibu sebagai bumbu masak. Terutama untuk memasak daging dan sejenisnya supaya rasanya lebik khas dan lezat.Namun selain manfaatnya sebagai bumbu masakan ternyata lengkuas juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena itu lengkuas juga banyak digunakan sebagai obat tradisional. Sebelum membahas Khasiat dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Pengobatan Tradisional terlebih dahulu kenali dulu tanaman ini.

Mengenal Tanaman lengkuas
Lengkuas atau tanaman yang memiliki nama ilmiah (Alpinia galanga, Alpinia purpurata)me.rupakan jenis tanaman umbi- umbian berimpang dari suku temu-temuan.Lengkuas juga merupakan terna tegak yang tingginya 2 m atau lebih. Batangnya yang muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua. Seluruh batangnya ditutupi pelepah daun. Batangnya ini bertipe batang semu. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berbentuk daun lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, dan tepinya rata. Ukurannya daunnya adalah: 25-50 cm × 7-15 cm. Pelepah daunnya berukuran 15-30 cm, beralur, dan berwarna hijau. Perbungaannya majemuk dalam tandan yang bertangkai panjang, tegak, dan berkumpul di ujung tangkai. Jumlah bunga di bagian bawah lebih banyak daripada di atas tangkai, dan berbentuk piramida memanjang. Kelopak bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih kehijauan. Mahkota bunganya yang masih kuncup pada bagian ujung warnanya putih, dan bawahnya berwarna hijau. Buahnya termasuk buah buni, bulat, keras, dan hijau sewaktu muda, dan coklat, apabila sudah tua.

Menurut warna rimpangnya ada 2 jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal yaitu varietas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan varietas berimpang umbi merah. Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang dipakai penyedap masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah digunakan sebagai obat. Menurut ukurannya, ada yang besar juga ada yang kecil. Rimpangnya ini merayap, berdaging, kulitnya mengkilap, beraroma khas, ia berserat kasar, dan pedas jika tua. Untuk mendapatkan rimpang muda yang belum banyak seratnya, panen dilakukan pada saat tanaman berusia 2,5-4 bulan. Source :https://id.wikipedia.org/wiki/Lengkuas

Nama lain dari lengkuas yaitu, Greater galingale (Inggris), Laos (Jawa), Laja (Sunda);

Kandungan kimia dan Efek Farmakologis lengkuas
Bagian tanaman lengkuas yang biasa dimanfaatkan sebagai obat adalah umbi akar atau rimpangnya. Pada akar rimpang lengkuas ini mengandung sejumlah senyawa penting yang baik untuk kesehatan antara lain, minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Lengkuas bersifat imflamasi dan merupakan antioksidan alami yang sangat baik.

Karena banyaknya kandungan senyawa yang terdapat didalamnya,hal ini membuat lengkuas bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti,Reumatik, Sakit Limpa, Menambah Gairah,stamina dan vitalitas, Nafsu makan, Bronkhitis, Morbili (Campak), Panu.

Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan dan Cara Pemanfaatannya
Berikut ini manfaat lengkuas untuk mengobati berbagai penyakit,cara membuat ramuan,serta pemanfaatanya.

Manfaat lengkuas untuk mengobati bronkhitis
Penyakit bronkhitis merupakan penyakit umum yang bisa diderita setiap orangkebanyakan penderitanya adalah anak anak.Apabila didalam anggota keluarga anda ada yang menderita penyakit ini anda bisa memanfaatkan lengkuas untuk mengobatinya.cara membuat ramuan obatnya sebagai berikut:

Bahan :Ambil rimpang lengkuas, temulawak dan halia (masing-masing 2 rimpang) sebesar ibu jari, keningar, 1 genggam daun pecut kuda, setengah genggam daun iler, daun kayu manis secukupnya.
Cara Membuatnya : Semua bahan ditumbuk haluskemudian direbus dengan 3 gelas air.
Pemakaian : Minum air rebusan ramuan tersebut secara teratur, 2 kali sehari pagi dan sore.

Mengobati Reumatik dengan LengkuasBagi anda penderita reumatik,anda bisa memilih salah satu ramuan tradisional dari lengkuas dibawah ini.
Ramuan 1 
Bahan: 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam
kampung
Cara membuat: lengkuas diparut dan diperas untuk diambil airnya,
telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya,
kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata.
Cara menggunakan: Minum ramuan ini 1 kali sehari
Ramuan 2 
Bahan: 3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, setengah sendok teh bubuk
merica, 1 potong gula merah, dan 2 gelas air santan kelapa
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama-sama
hingga airnya tinggal 1 gelas
Cara menggunakan: Minumlah ramuan ini sedikit demi sedikit selama 1 minggu
Lengkuas untuk Mengatasi Gairah,Stamina dan Vitalitas yang Loyo
Apabila anda mengalami masalah seperti ini, abilah 2 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh merica, 1 sendok teh garam dan 1 ragi tape. Cara membuatnya, umbi lengkuas dan halia diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang lain. Seduh dengan setengah gelas air panas.Minumlah ramuan tersebut setelah dingin.lakuakan secara teratur samapai masalah anda teratasi.

Ramuan Lengkuas untuk Menambah Nafsu Makan
Bahan: 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 buah mengkudu mentah, setengah rimpang kencur sebesar ibu jari, setengah sendok teh bubuk ketumbar, 1 siung bawang putih, 3 mata buah asam jawa yang masak, 1 potong gula merah, jakeling, jalawe dan jarahab.
Cara membuat: Semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas
Cara menggunakan: Minum ramuan ini 2 kali sehari setengah gelas, pagi dan sore.lakuakan secara teratur

Ramuan lainya untuk Penambah nafsu makan
Bahan: 1 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 pohon tumbuhan meniran dan sedikit adas pulawaras.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan: Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Manfaat Lengkuas untuk Mengobati Penyakit Morbili (campak)
Campak adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus morbili. Penyakit yang ditandai panas tinggi, batuk, pilek, serta tumbuhnya bercak-bercak merah pada kulit. Apabila anda atau anggota keluarga anda yang terkena penyakit ini buatlah ramuan berikut:

Bahan: Siapkan 4 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh minyak gondopura.
Cara membuat: Rimpang lengkuas diparut halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai rata.
Cara menggunakan: Dipakai untuk obat luar.dibalurkanpada bagian kulit yang terkena campak.

Lengkuas untuk Mengatasi Panu
Panu atau Tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan panau adalah Candida albicans. Biasanya kulit yang terkena akan terasa gatal apalagi bila terkena keringat.Selain menyebakan gatal pada kulit, panu juga membuat penderitanya menjadi tak percaya diri.untuk mengatasinya anada bisa memilih ramuan tradisional dibawah ini!
Bahan: rimpang umbi lengkuas dan kapur sirih secukupnya
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: digosokkan pada bagian yang sakit, pagi dan
sore.
Bahan: rimpang lengkuas dan spirtus secukupnya
Cara membuat: rimpang lengkuas dipotong-potong.
Cara menggunakan: bagian yang sakit digosok-gosok dengan
potongan-potongan lengkuas, kemudian diolesi dengan spirtus
Lengkuas Untuk mengobati sakit limpa
Limpa adalah organ kecil yang terletak tepat di bawah tulang rusuk sebelah kiri, umumnya berukuran sebesar kepalan tangan.limpa merupakan salah satu organ yang memiliki peranan danfungsi yang cukup penting bagi tubuh.Apabila organ ini sakit maka kesehtan tubuh akan terganggu,dan apabila dibiarkan apalagi sampai limpa ini pecah ini akan sangat fatal akibatnya,bahkan bisa menyebabkan kematian.Apabila anda menderita penyakit ini buatlah ramuan berikut ini untuk mengatasinya.
Bahan: 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi
temulawak sebesar ibu jari dan 1 genggam daun meniran
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air
sampai mendidih
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
Lengkuas untuk menghilangkan bekas jerawat/obat anti jerawat alami
Kandungan senyawa di dalam lengkuas juga berguna untuk menghilangkan kulit kusam dan noda hitam pada kulit akibat bekas jerawat ataupun bekas luka bakar. Pada saat jerawat mulai tumbuh memenuhi kulit kita, sebaiknya kita segera membuat jus lengkuas dan meminumnya secara teratur. Ini bisa kita sebut sebagai pengobatan dari dalam dengan menggunakan lengkuas.

Manfaat lainya dari lengkuas yaitu untuk mencegah penuaan dini dan untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu mencegah penuaan dini pada kulit terutama pada bagian wajah. Lengkuas juga mampu mencegah radikal bebas sehingga tidak akan merusak kulit.

Nah itulah Ulasan tentang Khasiat dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Pengobatan Tradisional,semoga ini bisa menambah wawasan kita tentang obat tradisional dan yang terpenting semoga ini bermanfaat...