Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebabnya

Gejala Hipertensi dan Faktor PenyebabnyaHipertensi atau yang lebih dikenal oleh masyarakat umum  dengan tekanan darah tinggi merupakan keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh mencapai tekanan di atas rata-rata dan menekan arteri hingga akhirnya menuju ke jantung dan akibatnya jantung terpaksa bekerja dua kali lebih keras. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri Anda. Semakin banyak darah dipompa jantung Anda dan arteri Anda menyempit, tekanan darah akan meningkat. Apabila hal ini terjadi dengan frekuensi sering maka otomatis keadaan jantung akan memburuk. Sehingga pada kebanyakan kasus gejala hipertensi akan terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/gejala-hipertensi-dan-faktor-penyebabnya.html

Penyakit Hipertensi ini bisa menyerang siapa saja tidak memandang usia dan jenis kelamin,walaupun dalam kebanyakan kasus orang dewasa yang lebih banyak mengalaminya. Anda bisa mendapat tekanan darah tinggi (hipertensi) selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala. Tekanan darah yang tidak dikontrol meningkatkan risiko mendapat masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke. Maka dari itu kenalilah gejala dan penyebab hipertensi secara dini agar anda bisa untuk menghindari atau menanganinya.

Gejala Hipertensi

Secara umum orang dengan hipertensi terlihat sehat dan sebagian besar tidak menimbulkan gejala.Namun biasanya gejala penyakit hipertensi darah tinggi ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang seringkali merupakan satu-satunya gejala pada hipertensi esensial. Dan gejala-gejala misalnya seperti sakit kepala, mimisanpusing, migren, wajah kemerahan, dan juga kelelahan yang sering ditemukan sebagai salah satu gejala penyakit hipertensi darah tinggi. Kadang-kadang penyakit hipertensi esensial ini berjalan tanpa adanya suatu gejala dan juga baru timbul suatu gejala setelah terjadinya komplikasi yang terjadi pada organ sasaran misalnya adalah pada ginjal, otak, dan jantung.

Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak napas, gelisah dan pandangan menjadi kabur karena kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal. Gejala penyakit hipertensi bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Gejala-gejalanya itu adalah :

  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar-debar
  • Sulit bernapas setelah berkerja keras atau mengangkat beban berat
  • Mudah lelah.
  • Penglihatan kabur
  • Wajah memerah
  • Hidung berdarah
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Telinga berdening (tinnitus)
  • Dunia aterasa berputar (vertigo)
Cara terbaik memastikan gejala penyakit hipertensi adalah dengan melakukan pengukuran tekanan darah


Menurut penelitian Faktor penyebab hipertensi yang paling utama adalah faktor keturunan. Selain karena faktor keturunan, gejala hipertensi bisa disebabkan karena berikut:
Usia. Gejala hipertensi paling umum menyerang mereka yang telah memasuki usia lanjut. Hal itu terjadi karena proses pengerasan pembuluh darah.
Berat badan berlebih atau obesitas. Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan disertai dengan timbunan lemak di beberapa bagian tubuh, sudah semestinya anda memperbanyak bergerak dan olahraga. Karena orang yang berbadan gemuk kebanyakan tidak aktif dalam hal olahraga yang sebenarnya jantung anda pun juga akan ikut aktif dan hal itu akan memperkuat jantung.
Mengonsumsi minum beralkohol. Alcohol dapat merusak organ dan syaraf tubuh. Selain dapat berakibat menderita penyakit jantung, mengonsumsi alcohol dapat menyebabkan gejala asam urat
• Mengonsumsi garam secara berlebih
Stress
   Otot yang tegang akibat stress dapat memicu tekanan darah menaik drastis
Penggunaan alat kontrasepsi
  Pil krontrasepsi sebenarnya juga dapat memicu terjadinya gejala hipertensi, maka dari itu untuk keterangan lebih lanjut dapat adna konsultasikan pada bidan anda
Konsumsi obat dalam jangka panjang
  Obat selain dapat menyembuhkan suatu penyakit, dapat pula menyebabkan beberapa penyakit salah satunya adalah gejala hipertensi. Konsumsi obat jangka panjang juga dapa merusak sistem kerja hati.
Adanya riwayat penyakit lain seperti kolesterol tinggi dan diabetes
Kehamilan

Ada kalanya seseorang yang terkena gejala hipertensi saat pertama kali tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya telah terjangkit gejala hipertensi. Karena penyakit tersebut untuk mendeteksi gejala awalnya sangat sulit. Hingga pada akhirnya gejala hipertensi yang dibiarkan begitu terus menerus akan berujung kronis, hingga timbul gejala pusing terus menerus, mual hingga muntah, kram atau nyeri pada perut, berat badan mengalami penurunan, keringat keluar secara berlebihan, perasaan gelisah, sering lelah dan anoreksia. 
Dari berbagai sumber

Maka dari itu untuk menghindarinya periksakan tekanan darah anda secara rutin dan terapkan pola hidup sehat.Demikian pembahasan mengenai Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebabnya.semoga bermanfaat