Kandungan Nutrisi dan Manfaat dan Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat dan Buah Sirsak Bagi KesehatanSirsak (Annona muricata L.) merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Rasa buahnya yang asam manis membuat banyak orang menyukainya. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Sirsak merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Buah sirsak dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayunya dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau bahan kerajinan tangan. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-dan-buah-sirsak.html

Sebelum membahas mengenai manfaat buah sirsak ini alangkah baiknya kita mengtahui terlebih dahulu mengenai kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya.Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah sirsak
Buah sirsak banyak mengandung air. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Selain vitamin C vitamin B1 dan vitamin B2 juga cukup banyak terdapat dalam buah sirsak.

Buah sirsak juga mengandung Mineral yang cukup banyak,yaitu  fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Mengobati Ambeien.

Salah satu manfaat dari buah sirsak adalah untuk mengatasai/mengobati penyakit ambeien.Cara penggunaanya peras buah sirsak yang sudah masak, ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

Manfaat sirsak sebagai antioksidan alami
Pada buah ini mengandung asam askorbat yang yang berfungsi sebagai penambah jumlah antioksidan yang ada didalam tubuh, dan untuk melawan radikal bebas. Sembelit juga bisa diatasi oleh buah ini. Dalam perkembangannya buah ini mampu menambah energi dan meningkatkan fisik, oleh sebab itu buah ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan yang hendak melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan fisik.

Mengobati Diare Pada Bayi

Kandungan di dalam buah sirsak berkhasiat untuk mengobati diare atau mencret pada bayi. Caranya siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang diare sebanyak 2-3 sendok makan.

Khasiat Buah sirsak untu mengobati Sakit Kandung Kemih

Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil ataupun kencing sedikit - sedikit (anyang - anyangan). Selain itu juga dapat megatasi hematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung mineral fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Meredakan Migrain
Manfaat Buah sirsak yang selanjutnya adalah untuk meredakan migrain,karena buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

Demikian ulasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Semoga dapat memberi banyak manfaat kepada anda. Selamat mencoba !

0 Response to "Kandungan Nutrisi dan Manfaat dan Buah Sirsak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar