Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh - Daun pepaya atau daun kates,daun gandul,papaja  mungkin yang selama ini kita tahu hanyalah sebagai sayur atau lalap,walaupun tidak semua orang menyukainya karena rasanya yang pahit. Tanpa mengetahui manfaat dan khasiat yang terkandung didalamnya, Tapi jangan salah dibalik rasa pahitnya ternyata daun pepaya menyimpan khasiat yang begitu banyak lo untuk kesehatan tubuh kita.Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan ramuan daun pepaya antara lain cacingan, malnutrisi pada bayi, demam berdarah, dan nyeri haid. Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-daun-pepaya-bagi-kesehatan-tubuh.html

Kandungan nutrisi daun pepaya
Daun pepaya mengandung berbagai macam zat, antara lain Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Kalori , Protein, Lemak , Hidrat Arang , Kalsium , Fosfor, Besi , dan Air. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing.
Disamping pada daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.
Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan khasiat daun pepaya ini silahkan simak penjelasanya dibawah ini.

Manfaat Daun Pepeya Untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah dan mengobati demam berdarah
Salah satu khasiat daun pepaya adalah sebagai pencegah demam berdarah. Anda dapat melakukan usaha ini dengan cara rutin meminum air rebusan daun pepaya. Agar anda merasa nyaman saat meminumnya, tambahkan sedikit pemanis seperti madu. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, anda akan meminimalisir terjadinya demam berdarah sehingga hidup anda akan lebih terjamin kesehatannya.
Untuk Pengobatan bisa dilakukan dengan cara rebus kira-kira lima lembar daun pepaya muda segar dengan ditambahkan air secukupnya kira-kira ½ liter hingga air tersisa seperempat dari takaran semula atau kira-kira tersisa satu gelas. Segeralah minum selagi hangat sampai habis. Minum secara rutin sehari tiga kali, apabila demam masih belum membaik atau bahkan cnderung naik segeralah bawa ke dokter, dan jika demam turun dan kondisi membaik konsultasikan ke dokter untuk lebih mengetahui lebih jauh kesehatan kita, obat ini bisa sebagai alternatif saja. Mudah-mudahan membaik tanpa harus keluar biaya banyak.

Sebagai jamu atau ramuan  tradisional penambah nafsu makan
Cara penggunaannya siapkan daun pepaya secukupnya yang masih segar atau bisa langsung diambil dari pohonnya. Siapkan blender, lalu masukkan daun pepaya segar ke dalam blender, dan blenderlah daun pepaya dengan tambahan air secukupnya atau bisa juga ditambah sedikit garam hingga hancur dan lembut. Setelah selesai diblender saringlah sarinya bisa ditambahkan madu jika diperlukan untuk mengurangi rasa pahit atau bisa langsung diminum begitu saja. Minum lah segera setelah disaring. Rasakan perbedaan nafsu makan yang pasti akan bertambah

Daun pepaya sebagai obat jerawat
Daun pepaya berkhasiat untuk obat jerawat dengan menggunakannya sebagai masker, cara membuatnya adalah sebagai berikut ambilah daun pepaya tua secukupnya, selanjutnya jemurlah daun pepaya tersebut hingga kering selanjutnya tumbuklah daun kering tersebut hingga halus, berilah sedikit air hingga tumbukan daun tersebut menjadi kental seperti krim masker dikira-kira saja jangan sampai terlalu. Selanjut gunakan sebagai masker dengan mengoleskan ke muka hingga rata menjelang istirahat tidur malam. Lakukan secara rutin hingga jerawat bersih dan wajah kembali bersinar.


Membantu pencernaan dan Melancarkan buang air besar
Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan manusia akan menjadi lebih baik dan terhindar dari diare maupun sembelit.

Mengobati masuk angin
Manfaat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai obat masuk angin. Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun pepaya mampu menghilangkan penyakit masuk angin. Cara membuat ramuan tradisional untuk obat masuk angin adalah dengan cara merebus daun pepaya dan daun sembung, jinten, sereh, jahe dan gula jawa. Jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk hasil yang maksimal, minumlah dalam keadaan hangat.

Mencegah dan mengobati diabetes
Manfaat Daun pepaya yang selanjutnya adalah sebagai obat anti diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi.

Menghilangkan nyeri haid

Khasiat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai penghilang rasa nyeri haid. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan cara merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga gangat kemudian minulah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan mempercepat reaksinya dalam perut sehingga rasa nyeri akan segera dapat diatasi. Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat sebagai obat anti kanker. Hal tersebut dikarenakan dalam daun pepaya terdapat getah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Getah tersebut akan tercampur pada segala olahan yang berbahan dasar daun pepaya. Jadi, anda tidak perlu untuk meminum getah tersebut secara langsung.

Itulah beberapa macam khasiat  dan manfaat daun pepaya buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita sebagai obat tradisiona alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!.