Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh - Jambu biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu,jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-buah-jambu-biji-untuk-kesehatan.html

Sebenarnya ada banyak varietas jambu biji yang tumbuh di Indonesia,Namun hal ini tadak akan kita bahas kali ini.Karena yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai  Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh.

Jambu biji banyak terdapat di sekitar kita, namun seringkali tidak dianggap karena banyak mengandung biji. Padahal jambu biji (terutama yang berdaging merah) sangat kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Meski demikian tentu ada solusi untuk menangani masalah bijinya, salah satunya adalah dengan cara dijus atau diblender. Selain lezat dan segar, minum jus jambu biji akan memberikan kita manfaat yang luarbiasa bagi kesehatan serta kecantikan kulit.

Sebelum membahas mengenai manfaat buah jambu biji untuk kesehatan,alangkah lebih baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah jambu biji.berikut ini nutrisi yang terdapat di dalam jambu biji :

  • Kalori
  • Vitamin A (Karoten)
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Hidrat arang
  • Air
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Protein
  • Rendah lemak

Sedangkan pada daun jambu biji juga terdapat banyak senyawa atau zat bermanfaat seperti minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa jenis vitamin.

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat buah jambu biji untuk kesehatan,diantaranya untuk menaikan trombosit darah,mencegah  Demam berdarah (DBD),dan banyak lagi.Dibawah ini beberapa manfaat buah jambu bji untuk kesehatan berdasarkan nutrisi yang terkandung didalamnya adalah sebagai berikut
.
Manfaat Jambu biji sebagai antioksidan  :
Jambu biji mengandung Vitamin C tinggi yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia, yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Senyawa antioksidan kuat lainnya dalam jambu biji adalah polivenol dan flavonoid seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut terkait dengan pengurangan resiko kanker tertentu, dan pencegahan dampak kerusakan sel akibat radikal bebas.

Manfaat Jambu Biji  untuk menjaga Kesehatan pencernaan :
Jambu biji sangat tinggi akan kandungan Serat alami, dimana yang sangat penting untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaat lain dari serat adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yaitu dengan cara membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar dan mengeluarkannya bersama limbah.

Meningkatkan Kesehatan Mata :
Jambu biji merah mengandung betakaroten dan Vitamin A tinggi, yang memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Manfaat yang sama pada umumnya bisa didapat dari makan makanan berwarna seperti wortel atau ubi jalar. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan bekaroten juga dikenal akan melindungi kita dari masalah kanker paru-paru.

Menjaga tekanan darah :
Senyawa lainnya yang tak kalah penting yang banyak terdapat dalam jambu biji adalah elektrolit yang bernama Kalium. Kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tinggi dengan meredam dampak dari natrium. Buah yang kaya akan kalium lainnya adalah buah pisang, yang kandungannya keduanya rata-rata sama.

Membantu kelenjar tiroid:
Jambu biji mengandung mineral tembaga, yang sangat baik untuk menjaga fungsi dari kelenjar tiroid. Terganggunya fungsi kelenjar tiroid bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan serius.

Membantu penyerapan nutrisi:
Jambu biji kaya akan mineral yang disebut mangan, dimana yang penting untuk membantu tubuh menyerap nutrisi penting lain dari makanan. Kecukupan asupan gizi tubuh kita juga dipengaruhi oleh kualitas penyerapan mereka dari makanan yang kita makan. [

Manfat Jambu Biji sebagai penyedia Vitamin B Kompleks:
Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang cukup baik, seperti asam pantotenat, niasin, dan vitamin B6. Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan lainya.
  • Kandungan kalium di dalam buah jambu biji dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah dan juga mengontrol kestabilan tekanan darah Anda.
  • Jambu biji dapat menurunkan kolesterol karena dapat mengencerkan darah sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Diabetes pada anak-anak dapat dicegah dengan mengonsumsi buah jambu biji karena dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam raha.
  • Jambu biji dapat digunakan untuk mengobati sembelit karena tingginya serat yang dikandungnya.
  • Jambu biji akan melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. selain itu jambu biji juga dapat digunakan untuk perawatan kulit karena kandungan zat antioksidan dan vitamin C di dalamnya.
  • Jambu biji akan membantu Anda dalam melawan sel kanker karena tingginya vitamin C di dalamnya.
  • Jambu biji akan meningkatkan fungsi otak karena adanya kandungan vitamin B yang penting untuk sirkulasi darah.
  • Jambu biji dapat meningkatkan kesuburan Anda karena kaya akan asam folat.
  • Jus dari jambu biji juga memiliki khasiat sebagai obat alami karena dapat menyembuhkan masalah pernapasan.
  • Maan jamfaatbu biji juga dapat memperbaiki penglihatan karena kandungan vitamin A di dalamnya.
Untuk mendapatkn manfaat jambu biji ini anda dapat mengkonsumsinya langsung atau dibuat jus terlebih dahulu agar lebih nikmat dan segar. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.