Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan Pengobatan

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan Pengobatan
Sirih ( Paper Batle ) merupakan tanaman asli Indonesia yang hidup merambat atau bersandar  pada pohon lain.Sekilas daun sirih hampir sama dengan daun merica atau lada,pohonya yang merambat daunya yang berbetuk hati.Yang membedakan daun sirih mempunyai ukuran yang lebih besar , warna yang lebih cerah dan sedikit lebih lunak.Cara mengembangbiakkan tanaman ini adalah dengan memotong bagian batang yang terdapat akarnya kemudian ditanam di tanah secara langsung. Tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan di depan rumah karena bentuknya yang indah.

http://rajaramuan.blogspot.com/2014/08/khasiat-dan-manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan.html

Sejak dahulu keberadaan sirih sangat berperan dalam kehidupan.Selain memiliki nilai guna dan manfaat terutama untuk kesehatan dan pengobatan,ternyata sirih juga memiliki nilai budaya yang tinggi.Sebagi Budaya Daun sirih bias dimakan dengan carah mengunyah bersama dengan gambir,pinang kapur,bahkan sedikit tembakau.Budaya ini disebut budaya makan sirih atau nginang (jawa) atau nyeupah (sunda).Selain Budaya Makan Sirih nilai budaya sirih yang lain adalah dipergunakannya sirih dalam berbagai upacara adat beberapa bangsa rumpun melayu.

Kembali ke topik bahasan kita yaitu mengenai  Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan Pengobatan. Daun sirih sejak dulu telah  dipergunakan untuk  kesehatan terutama dalam dunia pengobatan tradisional.Ini dikarenakan kandungan unsur yang terdapat dalam daun sirih yang memeng sangat berguna untuk kesehatan.

Didalam daun sirih atau Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Daun sirih sendiri ada banyak jenisnya,Ada sirih hijau,sirih merah,sirih hitam,sirih belanda,sirih kedaton,dan mugkin masih bayak lagi jeni sirih lainya.Daun sirih banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional sejak dahulu karena kemanjurannya. Sayangnya, banyak masyarakat yang kurang memahami hal ini sehingga memanfaatkan sirih hanya sebagai hiasan

Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan pengobatan.

Beberapa Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan cara pengggunaanya akan saya uraikan dibawah ini.Disimak ya!!!!!

Mengobati Keputihan
Daun sirih mengandung antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit kewanitaan  ini. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daunnya. Setelah mendidih, anda harus mendinginkannya terlebih dahulu kemudian memakai air rebusan tadi sebagai pengganti air saat cebok atau untuk membersihkan daerah kewanitaan. Jangan lupa untuk menerapkan teknik yang benar saat cebok yaitu dari arah depan kebelakang.

Mengobati Mimisan
Daun sirih mampu mencegah pendarahan kecil seperti mimisan. Caranya adalah dengan membuat daun sirih sedikit memar dengan cara memukul-mukulnya kemudian menggulungnya dan memasukkannya kelubang hidung. Biarkan hingga mimisan sudah terasa berhenti dan tidak mengalir lagi. Selain sebagai penghambat pendarahan kecil, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat luka bakar. Untuk pertolongan pertama terhadap luka bakar, anda hanya perlu memanaskan daun sirih agar menjadi layu kemudian meletakkannya diatas luka.

Obat Sakit Gigi
Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih mentah-mentah. Rasanya yang pedas dan aromanya yang tak bisa hilang dari mulut kemudian membuat banyak orang enggan melakukan cara ini. Kemudian untuk tetap mendapat manfaat ini, mereka mengubah cara dari mengunyah daun sirih secara langsung menjadi merebusnya terlebih dahulu kemudian menggunakan air rebusannya sebagai air kumur. Dengan cara ini, mereka dapat mengobati sakit gigi tanpa harus membuat nafas mereka selalu berbau sirih. Dan selain sebagai obat sakit gigi, cara tersebut juga mampu menyembuhkan sariawan dan bau mulut yang seringkali membuat anda kurang percaya diri.

Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat daun sirih yang berikutnya adalah sebagai obat pencegah penyakit jantung. Karena kandungan vitamin dan zat besinya sangat tinggi, daun sirsak dapat digunakan sebagai bahan obat pencegah serangan jantung. Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan cara merebus kemudian meminum air rebusannya dalam keadaan dingin. Selai itu, daun sirih juga bermanfaat sebagai pereda pana dan demam. Caranya sama yaitu dengan meminum air godokan daun sirih selama sakit itu berlangsung dan hentikan ketika penyakit tersebut sudah benar-benar hilang.

Obat Gatal dan Penyakit Kulit lainya
Manfaat daun sirih yang berikutnya adalah sebagai obat gatal. Untuk membuat obat gatal, yang perlu anda lakukan adalah menghaluskan daun sirih kemudian membalurkannya diatas kulit seseorang yang mengalami gatal-gatal. Selain mengobati gatal-gatal, ramuan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit lainnya.

Itulah beberapa Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan Pengobatan yang dapat saya sampaikan.Semoga tulisan yang sederhan ini bisa bermanfaat!!!!

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk kesehatan dan Pengobatan"

Posting Komentar