Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan - Setelah kita mengetahui sejarah/asal usul serta mengenal buah mengkudu,kali ini kita akan coba mengupas mengenai Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan. Buah yang biasa dijadikan campuran rujak ini ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit sepeti,hipertensi,sakit kuning,demam, influenza, batuk,sakit perut,dan juga mengatasi kulit bersisik.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-dan-khasiat-buah-mengkudu.html

Perlu diketahui buah mengkudu yang masak memang memiliki aroma yang tidak sedap,namun buah mengkudu yang sudah masak memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini karena ada beberapa kandungan zat didalamnya, antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional yang disertai dengan cara penggunaannya.

Mengkudu ramuan Tradisional mengobati  Batuk
Manfaat khasiat  buah mengkudu untuk mengobati batuk.Bagi anda yang terserang batuk anda dapat mencoba mengobatinya dengan buah mengkudu. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.


Menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.


Khasiat mengkudu untuk Mengobati Sakit Kuning
Penyakit kuning juga bisa diatasi dengan ramuan tradisional buah mengkudu.Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu dan madu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan gul batu dan madu. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Menurunkan Demam, Masuk angin dan infuenza
Untuk mengatasi Demam, Masuk angin dan infuenza,bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit
Manfaat buah mengkudu lainya yaitu menambah daya tahan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.Dari hasil uji klinis Dr. Schechter (Institut Pengobatan Alami di California) membuahkan kabar bahwa sari buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam jaringan kekebalan tubuh. Hal tersebut akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit serta mampu mengurangi rasa sakit/nyeri, menghambat laju pertumbuhan sel kanker, serta menormalkan fungsi sel yang tidak normal.
Source : manfaatnyasehat.com

Saat ini penelitian akan manfaat dari buah menkudu terus dilakukan,dan produk kesehatan yang berasal dari ekstrak buah mengkudu pun sudah banyak di pasarkan seperti Noni Juice dan berbagai produk  lainya.

Itulah ulasan singkat Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan.semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan"

Posting Komentar