Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat
Saya yakin semua orang pasti setuju kalau ada statemen "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya".Sebenrnya apa sih jerawat itu? Apa saja sih yang menyebabkan munculnya jerawat dan bagaimana sih cara mengatasi atau mengobatinya? Mungkin itulah pertanyaan yang muncul dibenak anda ketika kita membicarakan masalah jerawat.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-jerawat.html

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Penyebab timbulnya jerawat yang umum antara lain :

Produksi Minyak Berlebihan
Jerawat tidak melulu muncul hanya karena kulit yang kotor, melainkan juga bisa disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri sehingga timbulah jerawat..

Sel-Sel Kulit Mati
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Faktor keturunan
Jika orang tua pada masa mudanya berjerawat, bisa dipastikan anak-anaknya pun mengalami hal yang sama.

Faktor lingkungan
Polusi, penggunaan kosmetik yang tidak tepat ditambah gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidur yang tidak teratur dapat memicu timbulnya jerawat.

Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

Stres
sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

Cara Mencegah timbulnya jerawat
Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang wajah. Menangani jerawat tidak boleh sembarangan. Secara umum, prinsip perawatan kulit wajah sebagai berikut.

  • Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  • Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur.
  • Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.jadi pilihlah pembersih kulit yang sesuai dengan kondisi kilit anda.
  • Membersihkan wajah pada sore hari berbeda dengan pada pagi hari.
  • Apabila timbul jerawat pada wajah atau kulit,jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh.
  • terapkan pola hidup sehat
Itulah sekilas mengenai Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat yang bisa saya sampaikan. Untuk anda yang  Membutuhkan informasi mengenai Cara Mengatasi atau Menghilangkan Jerawat  secara  alami bisa anda temukan pada artikel yang berikutnya.Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat"

Posting Komentar