Faktor Penyebab,Gejala Penyakit Migrain dan Cara Pencegahannya

Faktor Penyebab,Gejala Penyakit Migrain dan Cara Pencegahannya - Migrain ( sakit kepala sebelah) adalah kondisi sakit kepala kronis yang menyebabkan rasa sakit yang signifikan untuk berjam-jam bahan berhari-hari. Beberapa migrain didahului atau bersamaan dengan gejala atau tanda peringatan sensorik, seperti pancaran sinar atau perasaan geli pada lengan atau kaki. Migrain sering disertai dengan rasa mual, muntah dan perasaan sensitif yang ekstrim pada cahaya dan suara.
http://rajaramuan.blogspot.com/2015/08/faktor-penyebab-gejala-penyakit-migrain.html

Gejala penyakit Migrain

Meskipun tidak ada penyembuhnya, pengobatan medis dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan migrain. Jika pengobatan tidak berhasil untuk anda pada masa yang lalu, lebih baik berbicara pada dokter anda untuk mencoba pengobatan medis yang lain. Obat yang tepat dipadu dengan kepedulian terhadap diri sendiri dan perubahan gaya hidup dapat membuat perubahan yang dahsyat.

Migrain selalu dimulai ketika anak-anak, remaja dan masa awal kedewasaan. Serangan migrain secara khusus menghasilkan beberapa atau semua tanda dan gejala berikut :

Gejala penyakit migrain

• Rasa sakit sedang sampai parah, yang terbatas pada satu sisi kepala atau mungkin berefek pada dua sisi
• Sakit kepala yang berdenyut
• Sakit kepala menjadi parah ketika melakukan aktifitas fisik
• Rasa sakit mempengaruhi aktifitas rutin anda
• Mual dengan atau tanpa disertai muntah
• Sensitif terhadap cahaya dan suara

Ketika tidak diobati, migrain biasanya menyerang antara 4 sampai 72 jam, tapi frekuensinya dengan sakit kepala yang terjadi berbeda antar setiap orang. Anda mungkin memiliki frekuensi migrain beberapa kali dalam sebulan atau lebih sedikit.
Tidak semua migrain sama. Banyak orang mengalami migrain tanpa aura, yang biasanya disebut migrain biasa. Beberapa orang mengalami migrain dengan aura, yang disebut migrain klasik. Aura dapat terdiri dari perubahan penglihatan, seperti saat melihat pancaran sinar, dan perasaan menusuk pada lengan atau kaki.
Ada atau tidaknya aura, anda mungkin memiliki satu atau lebih sensasi firasat (prodrome) beberapa jam atau hari atau sebelum anda mengalami serangan, termasuk:

• Merasa gembira atau energi yang lebih
• Mengidamkan rasa manis
• Haus
• Mengantuk
• Sifat lekas marah

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab Migrain

Meskipun banyak penyebab migrain tidak diketahui, faktor genetik dan lingkungan sepertinya memainkan peran.
Migrain mungkin disebabkan oleh perubahan di dalam syaraf trigeminal, yang merupakan jalan dari rasa sakit. Ketidakseimbangan proses kimiawi otak, termasuk serotonin – yang membantu mengatur rasa sakit – juga mungkin terkait.

Tingkat serotonin jatuh saat terjadinya migrain. Ini memicu sistem trigeminal untuk melepaskan zat yang disebut neuropeptides, yang mengantarkan ke lapisan luar otak (meninges).

Pemicu migrain

Apapun mekanisme pasti dari sakit kepala, banyak hal yang memicunya. Hal yang biasa memicu migrain diantaranya adalah:
• Perubahan hormon pada wanita. Fluktuasi pada estrogen memicu sakit kepala pada wanita yang memiliki migrain.Wanita dengan sejarah migrain sering melaporkan sakit kepala sesegera mungkin sebelum atau saat datang bulan, ketika mereka mengalami penurunan besar estrogen mereka. Yang lain memiliki kecenderungan peningkatan untuk mengalami migrain saat hamil atau menopause. Pengobatan medis pada hormon – seperti oral contraceptives dan hormone replacement therapy – juga dapat memperburuk migrain.

• Makanan. Beberapa migrain muncul karena dipicu oleh makanan tertentu. Penyebab umum biasanya adalah alkohol, khususnya bir dan anggur; keju yang telah lama disimpan; cokelat; pemanis aspartame, berlebihan mengkonsumsi kafein; monosodium glutamare – bahan utama pada beberapa makanan asia; makanan asin; dan makanan olahan. Melewatkan waktu makan dan berpuasa juga dapat memicu migrain.

• Stres. Stres di tempat kerja atau rumah dapat memicu migrain.

• Stimulus sensorik. Sinar terang dan cahaya matahari yang silau dapat menyebabkan migrain, sama seperti suara yang keras. Aroma yang tidak biasa – termasuk wangi-wangian, seperti parfum, dan bau yang tidak sedap, seperti tiner cat dan bau asap rokok, juga dapat memicu migrain.

• Berubahnya pola tidur. Begadang atau terlalu terlambat untuk tidur dapat menjadi pemicu serangan migrain pada seseorang.

• Faktor fisik. Pengerahan tenaga fisik yang intens, seperi aktifitas seksual, dapat memicu migrain.

• Perubahan lingkungan. Perubahan cuaca atau tekanan udara dapat mendorong serangan migrain.

• Pengobatan medis. Pengobatan medis tertentu dapat memperburuk migrain.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan anda lebih cenderung memiliki migrain adalah:
• Catatan keluarga. Banyak orang dengan migrain memiliki catatan anggota keluarga dengan migrain. Jika satu atau kedua orang tua anda memiliki migrain, anda juga dapat terkena.

• Lebih muda dari usia 40. Setengah orang yang mengalami migrain terserang sakit kepala ini sebelum mereka berusia 20 dan migrain adalah hal yang biasa pada orang yang berusia antara 30 dan 39 tahun.

• Wanita. Wanita tiga kali lebih banyak memiliki migrain daripada laki-laki. Sakit kepala cenderung menyerang anak laki-laki daripada anak perempuan saat anak-anak, tetapi pada masa puber, lebih banyak anak perempuan yang terkena daripada anak laki-laki.

• Mengalami perubahan hormon. Jika anda wanita dengan migrain, anda mungkin menemukan bahwa sakit kepala anda dimulai sebelum atau setelah mengalami menstruasi. Sakit kepala ini juga dapat timbul saat hamil atau menopause. Beberapa wanita melaporkan bahwa migrain mereka menjadi buruk saat tiga bulan pertama kehamilan.

Cara Pencegahan Penyakit Migrain

Perubahan gaya hidup dapat memberikan keuntungan dalam membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Salah satu atau lebih petunjuk ini mungkin dapat menolong anda :

• Hindari pemicu. Jika makanan tertentu sepertinya memicu sakit kepala anda di masa lalu, hindari makanan tersebut. Terapkan rutinintas harian anda dengan pola tidur teratur dan pola makan yang teratur.

• Olahraga secara teratur. Olahraga aerobik secara teratur mengurangi ketegangan dan dapat membantu mencegah migrain. Jika dokter anda setuju, pilih olahraga aerobik yang membuat anda nyaman, seperti berjalan, berenang dan bersepeda. Pemanasan secara perlahan, bagaimanapun, karena tiba-tiba, olahraga yang intens dapat menyebabkan sakit kepala. Obesitas juga diduga menjadi faktor migrain, dan olahraga secara teratut dapat menolong anda megurangi berat badan.

• Penurunan estrogen. Jika anda seorang wanita dengan migrain dan estrogen sepertinya menjadi pemicu atau membuat sakit kepala anda memburuk, anda mungkin ingin menghindari atau mengurangi penggunaan obat medis yang mengandung estrogen. Obat medis yang termasuk adalah pil KB dan terapi hormon. Tanyakan pada dokter anda mengenai alternatif atau dosis terbaik untuk anda.

Baca juga artikel tentang Kenali Penyebab Dan Gejala Keputihan Secara Dini

0 Response to "Faktor Penyebab,Gejala Penyakit Migrain dan Cara Pencegahannya"

Posting Komentar