Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan dan Obat Herbal

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan dan Obat Herbal
Setelah kita mengenal tanaman Adas (Foenicullum Vulgare Mill) dari artikel sebelumnya.Kali ini kita akan  membahas mengenai Manfaat Tanaman Adas.Pada Dasarnya tanaman adas ini banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan.Selain untuk bumbu atau campuran masakan adas juga digunakan untuk campuran obat obatan,pewangi dalam sabun,detergen,susu farfum dan masih banyak lagi.pemahasan kali ini lebih ditekankan kepada Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan dan Obat Herbal.

Beberapa jenis penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan tanaman adas ini diantaranya:
Sakit perut (mulas),peru kembung,mual,muntah,pengeluaran ASI sedikit,sakit kuning,diare,kurangnya nafsu makan,batuk,sesak nafas (asma),reumatik,nyeri haid,haid tidak teratur,susah tidur (insomnia),orchidoptosis,kolik,hernia inguinalis,pembengkakan salura sperma (epididimis),hidrokel testis,keracunan tumbuhan obat atau jamur,meningkatkan penglihatan,dan masih banyak lagi
Bagian tanaman adas yang digunakan untuk pengobatan yaitu buah,daun,dan minyaknya.Untuk mendapatkan minyaknya buah yang masak dikumpulkan,dijemur sampai kering dan kemudian dilakukan dengan proses penyulingan.

Contoh Pemanfaatan Tanaman adas untuk kesehatan  di masyarakat

Mengobati Sesak Nafas

Pertama Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes kemudin diseduh dengan air panas satu sendok saja.Minum selagi hangat dan lakukan 3kali sehari sampai sembuh.
Kedua siapkan serbuk adas satu sendok teh,pulosari seperempat jari,rimpang kencur 2 jari,jintan hitam seperempat sendok teh,daun poncosudo (Jasminum Pubescens) seperempat genggam,gula merah.Kemudian bahan bahan tadi direbus dengan 4gelas air ,rebus hingga tersisa separuhnya.kemudian disaring lalu  diminum 3 kali seharisebanyak 3/4 gelas sekali minum.

Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk siapkan 5gr srbuk adas,kemudian seduh dengan setengah gelas air mendididh.Setelah dingin disaring dan ditambah 1 sendok madu,aduk dan diminum sekaligus.lakukan 2kali  sehari sampai sembuh.

Mengatasi Batu Empedu

Untuk mengatasi batu empedu cukup siapkan serbuk adas sebanyak 5gr kemudian seduh dengan segelas air panas.Setelah dingin diminum,lakukan setiap hari.

Sebenarnya masih banyak contoh Penggunaan dan pemanfaatan tanaman adas untuk kesehatan dan obat herbal.Namun walaupun sedikit yang saya sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Untuk catatan
-Pemakaian buah adas terkadang menyebabkansering kentut atau sendawa
-Hindari penggunaan adas dalam disis yang besar
-Untuk pengobatan hernia tetap dengan cara operasi (menutup lubang saluran yang ada).Adas hanya menaikan sementara usus yang turun ke lipat paha.
-Buah adas juga efektif untuk mengusir serangga

0 Response to "Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan dan Obat Herbal"

Posting Komentar