Mengenal Adas Sebagai Tanaman Herbal

Mengenal Adas Sebagai Tanaman Herbal
http://rajaramuan.blogspot.com/2014/06/mengenal-adas-sebagai-tanaman-herbal.html
Adas (Feonicullum Vulgare Mill) merupakan tanaman herba yang berasal dari Eropa selatan dan Asia (sekitar mediterania).Adas merupakan salah satu dari sembilan tumbuhan obat yang dianggap bermukjikat di Anglo - Saxon.Dan karena manfaatnya tanaman ini kemudian banyak di budidayakan berbagai negara,seperti India,Jepang,Argentina,Cina,Meksiko,negara negara Eropa dll.Di Indonesia sendiri Tanaman adas telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman untuk bumbu masakan dan tanaman obat.
Tumbuhan ini merupakan tanaman herbal tahunan yang dapat hidup didataran rendah hingga ketinggian 1800m (dpl),dan akan tumbuhlebih baik lagi di dataran tinggi.

Secara fisik dan karakteristik tanaman Adas ini merupakan tumbuhan berumpun,satu rumpunbiasanya terdiri dari 3-5 batang tingginya mencapai 50cm-2meteran.Batangnya hijau kebiruan,beralur beruas,berlubang  dan bila memar akan mengeluarkan bau wangi.Letak daun berseling,majemuk,menyirip ganda dua dengan sirip - sirip yang sempit,daun berbentuk jarum,ujung gan pangkal runcing,tepi rata,berseludang warna putih.Seludang berselaputdengan bagian atasnya berbentuk topi.Bunga tersususn sebagai bunga payung majemuk dengan 6-40 gagang bunga,mahkota berwarna kuning,bunga keluar dari ujung batang.
http://rajaramuan.blogspot.com/2014/06/mengenal-adas-sebagai-tanaman-herbal.html
Buah lonjong berusuk,panjangnya sekitar6-10 mm lebar 3-4mm.ketika masih muda berwarna hijau setelah tua berwarna cooklat agak hijau atau kuning sampai sepenuhnya berwarna coklat.Warna buah berbeda-beda tergantung dari negara asalnya.Buah yang masak memiliki bau  khas aromatik,bila dicicipi rasanya seperti kamfer.
Adas menghasilkan minyak adas yang merupakan hasil penyulingan sebuk buah adas yang masak dan kering..Di Indonesia dikenal dua jenis adas yang termasuk ke dalam famili Umbelliferae, yaitu adas (Foeniculum vulgare Mill.) dan adas sowa (Anetum graveolens Linn.).atau adas manis dan pahit.Tanaman adas mempunyai banyak kegunaan mulai dari akar, daun, batang dan bijinya. Minyak adas banyak digunakan untuk obat-obatan, bumbu masak, pewangi dalam sabun, detergen, susu dan parfum.Daunya bisa digunakan sebagai lalapan.

Untuk lebih mengenal tanaman adas ini dibawah ini beberapa nama lain dari tanaman adas antara lain.
das pedas (Aceh), adeh,manih (Minangkabau), hades (Sunda), adas landa, adas landi, adas welanda (Jawa), adhas (Madura), paapang, paampas (Manado), popoas (alfuru), denggu-denggu (Gorontalo), papaato (Buol), porotomo (Baree), adasa rempasu (Makassar), adase (Bugis), Kumpasi (Sangir Talaud), adas (Bali), dan wala wunga (Sumba),Hsiao Hui (Cina).

Selanjutnya Kandungan Kimia Dan efek Farmakologis Tanaman Herbal Adas