Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari Famili Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan yang siklus hidupnya singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.Penyebaran Tomat ke berbagai negara di dunia terjadi setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania (dataran tinggi).

http://rajaramuan.blogspot.com/2014/08/manfaat-tomat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Di Indonesia Penggunan tomat lebih merujuk sebagai bumbu masakan, terkadang menjadi lalapan ataupun dikonsumsi dalam bentuk buah. Seiring perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Nutrisi yang terkandung dalam buah tomat baik itu vitamin ataupun zat gizi lain  sangatlah baik untuk menambah kekebalan tubuh dari bakteri penyakit. Dalam 100 gram buah tomat tersimpan 1500 S.I Vitamin A (karoten), 60 makrogram Vitamin B (Tiamin), 40 mg Vitamin C (Asam askorbat), 1 g protein, 4,2 g karbohidrat, 0,3 g lemak, 5 mg kalsium, 27 mg fosfor, dan 0,5 mg zat besi.

Manfaat Buah tomat untuk kesehatan

Berikut ini Rangkuman Beberapa Manfaat tomat Untuk kesehatan

Sebagi Penambah daya Tahan Tubuh

Tiap hari imun tubuh akan terus berperang melawan ratusan bakteri yang siap membuat Anda jatuh sakit. Jika imunitas tidak terus dijaga tamengnya akan rapuh dan hancur sehingga virus penyebab penyakit sangat mudah menyerang tubuh Anda.

Oleh sebab itu agar Anda tidak dijangkiti penyakit, konsumsilah buah-buahan yang dapat memberikan asupan nutrisi untuk memperkuat sistem imun, contohnya adalah buah tomat. Di dalam tomat tadi telah dijelaskan terdapat vitamin A dan C yang fungsinya sebagai memperkuat sitem imun kita.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan air, mineral, dan serat pada buah tomat dijelaskan oleh dokter sebagai zat gizi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sementara jika dipisahkan, peranan individu dari mineral adalah merangsang pengeluaran air liur yang dapat meningkatkan nafsu makan, sementara air berfungsi sebagai alat untuk mempermudah proses pengolahan makanan, dan serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan.

Mengurangi resiko terkena kanker

Dari hasil penelitian  yang dilakukan oleh National Cancer Institute memberikan satu kesimpulan bahwa seseorang yang mengonsumsi 10 porsi makanan yang komponen bahan pembuatannya adalah tomat berisiko lebih kecil terkena kanker prostat dibanding mereka yang jarang mengonsumsinya. Keajaiban tersebut menjadi masuk akal karena dalam tomat terdapat senyawa likopen yang bersifat anti-kanker.

Dan Masih banyak lagi manfaat tomat untuk kesehatan lainya.

Manfaat tomat Untuk Kecantikan

Beberapa man faat tomat untuk kecantikan diantaranya.

Mengatasi kulit berminyak

Buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, niscaya wajah tidak lagi menjadi berminyak

Menghilangkan Jerawat dan  komedo

Jerawat dan komedo adalah salah satu yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan Jerawat dan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat

Menghaluskan wajah:

Sebuah tomat yang berwarna merah tua diperas. Oleskan airnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Bisa juga tomat diiris lalu digosokkan ke wajah.

Menjadikan kulit lebih bercahaya

Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat bisa juga dioles ke bagian tubuh lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.

Menghilangkan plek hitam pada wajah

Satu sampai dua buah tomat  yang sudah dicuci bersih dihancurkan. Setelah itu ditempelkan pada wajah  yang sudah dibersihkan  agar  ekstrak tomat  lebih mudah masuk dan diserap kulit , lalu dibasuh dengan air biasa.

Setelah digunakan biasanya sari-sari tomat  akan meresap pada kulit wajah , sehingga wajah  menjadi segar  dan dapat mengatasi flek hitam pada wajah .

Manfaat Tomat  lainya

Membantu menurunkan resiko gangguan jantung

Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.

Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.

Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).

Mengurangi resiko radang usus buntu.

Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

Menghilangkan jerawat.

Mengobati diare

Meningkatkan jumlah sperma pada pria

Memulihkan fungsi lever.

Mengatasi kegemukan


0 Response to "Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar