Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak - Pada dasarnya kulit manusia memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi kenyal. Namun apabila produksi minyak berlebih maka akan timbulah masalah yang akan mengganggu kenyamanan penampilan anda.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/faktor-penyebab-dan-cara-mengatasi-kulit-berminyak.html

Kulit berminyak adalah keadaan dimana kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan dikarenakan aktivitas kelenjar lemak yang tinggi pada kulit. Pada Kulit yang berminyak kotoran dan debu gampang sekali lengket pada wajah, sehingga sering menyebabkan beberapa masalah baru pada kulit misalnya jerawat, flek hitam, gatal-gatal, dan alergi.

Ciri-ciri jenis kulit berminyak :
  • Lapisan kulit tanduk sering terkelupas.
  • Memiliki elastisitas atau kelenturan kulit yang tinggi.
  • Permukaan kulit tampak kasar dan lebih berminyak dibagian dagu, dahi dan hidung.
  • Di kulit wajah banyak terdapat komedo dan pori pori besar.
  • Sehabis dibersihkan, kulit wajah tampak mengkilap.dan setelah beraktivitas kulit akan tampak sangat kusam karena debu dan kotoran gampang menempel pada kulit berminyak.
Kulit wajah yang berminyak dialami oleh banyak orang. Kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh banyak faktor. Ada faktor internal dan juga faktor eksternal. Salah satu penyebabnya karena faktor internal adalah keturunan. Jadi jika orang tua memiliki wajah yang berminyak, dimungkinkan anaknya juga memiliki sifat yang sama.Selain itu untuk faktor eksternal bisa disebabkan karena penggunaan kosmetik yang mengandung minyak. Atau karena lingkungan juga bisa menyebabkan masalah wajah yang satu ini

Penjelasan mengenai kulit berminyak yang saya baca dari beberapa blog kesehatan di internet

Penyebab  Kulit Wajah Berminyak

Makanan yang Berlemak
Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih dan kulit berminyak  adalah masalah ringan yang di timbulkan akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemaak berlebih.

Hormon tidak Seimbang
Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda seorang anak sudah mulai memasuki masa puberitas. Seorang remaja harus beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya wanita akan memproduksi banyak minyak saat haid. Maka dari itu kegiatan yang kita lakukan sebaiknya dikontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh kita.

Salah Pilih  Kosmetik
Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai  berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.

Keturunan
Orang tua tidak hanya mewariskan harta kepada anaknya tetapi juga mewariskan sebagian  sifat genetiknya (pasti). Tidak menutup kemungkinan orang tua yang memiliki keturunan genetik memproduksi minyak akan turun keanaknya. Hal ini tidak bisa di cegah, tapi tetap bisa di atasi.

Kebiasaan membersihkan wajah yang salah dan Stress
Kebiasaan membersihkan wajah yang salah dan Stress juga merupakan salah satu pemicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Setelah kita mengetahui penyebab kulit berminyak ini dengan jelas maka dengan mudah kita akan menemukan solusi untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips mengatasi kulit wajah berminyak  yang saya kutip dari https://www.facebook.com/natureindonesia.

Cara Mengatasi kulit wajah berminyak.

  • Pengaturan pola makan yang baik adalah yang utama. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami oleh manusia sering diakibatkan karena pola makan yang buruk,termasuk masalah kulit berminyak,maka mengatur pola makan dengan baik juga asupan giji dan makanan yang baik perlu diperhatikan
  • Bersihkan kulit wajah secara teratur, terutama sesudah menggunakan make-up. Bersihkan wajah dengan cleanser untuk mengangkat residu minyak yang menempel. Lalu basuh wajah dengan air hangat, dan bersihkan wajah dengan face wash. Setelah membersihkan wajah dengan sabun, pakailah toner agar sisa-sisa kotoran terangkat. Untuk kulit berminyak yang tidak berjerawat dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub 1-2 kali seminggu untuk mengangkat kulit mati / kulit kusam. Lanjutkan membasuh dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.
  • Produksi minyak juga dipengaruhi oleh tingkat stress, karena itu cobalah untuk melihat segala sesuatu dengan santai.
  • Sebelum memakai make-up wajah, basuh wajah dengan air dingin (air es).
  • Untuk kulit berminyak hindarilah produk yang mempunyai kandungan alkohol tinggi karena kandungannya dapat menghilangkan kadar minyak alami pada kulit kita dan dapat memicu kelenjar minyak bekerja ganda. 
  • Say No to Dessert yang mengandung gula buatan karena akan merangsang lemak di wajah. Kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan, itu akan lebih baik.
  • Rutin berolahraga! Selain membuat tubuh kamu bugar, sirkulasi darah akan lebih lancar dan wajah tampak lebih segar dan berkilau.
  • Untuk mengatasi kulit berminyak dengan cara alami bisa dengan cara menggunakan perasan jeruk nipis secara rutin untuk mengecilkan pori-pori. Atau kamu juga dapat menggunakan apel untuk mengatasi wajah yang berminyak. Caranya haluskan satu buah apel dengan cara di parut, lalu tambahkan 5 sendok makan madu, aduk hingga rata. Oleskan masker hingga merata keseluruh wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan hingga kering kira-kira 10 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Zat yang terkandung di dalam buah apel bisa mengurangi kadar minyak pada wajah, sehingga bisa mencegah berbagai masalah yang sering timbul pada wajah berminyak, seperti jerawat.
Semoga bermanfaat!!!


0 Response to "Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak"

Posting Komentar