Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh - Siapa yang tak kenal dengan buah ini,buah yang rasanya manis,daging buahnya cukup keras dan memiliki kandungan banyak air.Buah yang memiliki nama latin malus domestica konon berasal dari Aria tengah dan pertama kali mulai ditanam sebagai budidaya pertanian pertama kali.
http://rajaramuan.blogspot.com/2016/02/manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan-tubuh.html

Apel (malus domestica) tumbuh subur di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin. Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. Sedang apel lokal di Indonesia yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Atau juga berasal dari daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat. Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan apel dikatagorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Apel

KANDUNGAN KIMIA : Buah apel (Pyrus malus) selain mempunyai kandungan senyawa pektin juga mengandung zat gizi, antara lain (per 100 gram) : - Kalori 58 kalori - Hidrat arang 14,9 gram - Lemak 0,4 gram - Protein 0,3 gram - Kalsium 6 mg - Fosfor 10 mg - Besi 0,3 mg - Vitamin A 90 SI - Vitamin B1 0,04 mg - Vitamin C 5 mg - dan Air
        Kandungan gizi Apel
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat13.81 g
- Gula10.39 g
- Serat pangan2.4 g
Lemak0.17 g
Protein0.26 g
Air85.56 g
Vitamin A equiv.3 μg (0%)
Tiamina (Vit. B1)0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2)0.026 mg (2%)
Niasin (Vit. B3)0.091 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5)0.061 mg (1%)
Vitamin B60.041 mg (3%)
Folat (Vit. B9)3 μg (1%)
Vitamin C4.6 mg (8%)
Kalsium6 mg (1%)
Besi0.12 mg (1%)
Magnesium5 mg (1%)
Fosfor11 mg (2%)
Kalium107 mg (2%)
Zink0.04 mg (0%)



































Setelah kita mengetahui kandungan Gizi dan Nutrisi Yang terkandung didalamnya,segera kita akan mengetahui Manfaat dan Khasiat Buah apel untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Apel Untuk Mengobati Kencing Manis (Diabetes Mellitus),Cara Pembuatannya sediakan 1 buah apel berukuran sedang.buah apel dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.Cara menggunakan : diminum pagi-sore, dan dilakukan secara rutin.

Mengobati Diare
Pemanfaatanya :Siapkan buah apel yang belum begitu masak.Cara menggunakan: dimakan biasa.

Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya akanan camilan anda beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah Batu empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

Mencegah wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir

Karena kandungan serat larutnya yang tinggi buah apel sangat disarankan sebagai menu diet bagi mereka yang memiliki masalah dengan obesitas/kegemukan.